Zoom Meeting Kapolda Bali Tindak Lanjut Hasil Rapim TNI polri dan Rapim Polri

0 0
Read Time:6 Minute, 22 Second

Karangasem | Tbinterpol com – Kapolres Karangasem bersama jajaran nya mengikuti Zoom Meeting Arahan *Kapolda Bali IRJEN POL. Drs. PUTU JAYAN DANU PUTRA, S.H.,M.Si.* tindak lanjut hasil Rapim TNI-POLRI dan Rapim POLRI tahun 2023, bertempat di Aula Dhira Brata Polres Karangasem. Senin(13/02/2023).

Hadir Dalam Giat dimaksud Kapolres Karangasem AKBP RICKO A.A. TARUNA, S.H.,S.I.K.,M.H.,M.M., Waka Polres Karangasem KOMPOL FACHMI HAMDANI,S.Psi.,S.I.K., Seluruh PJU Polres Karangasem dan Para Kapolsek Jajaran Polres Karangasem

Adapun arahan Kapolda Bali pada intinya Tema Rapat, Pimpinan TNI-POLRI siap mendukung peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan

Tema rapat Pimpinan Polri :
Polri Presisi siap mengawal tahapan pemilu 2024 serta mengamankan agenda Nasional dan Internasional 2023 dalam rangka mendukung peningkatan produktivitas untuk transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan

Arahan Presiden dalam Rapim TNI-POLRI 2023 :

1. Sekarang ini tidak bisa bekerja Makronya saja,tanpa melihat detail Mikronya.

2. Kepada TNI dan Polri urusan Inflasi,masih menjadi momok semua Negara, kalau tidak terkendali hati-hati,larinya ke ketertiban dan keamanan negara.

3. Dimana lokasi investasi itu ada,di jaga kondusifitasnya. Begitu ada kerawanan sedikit tolong jangan sampai muncul di permukaan, segera selesaikan sebelum kejadian.

4. Berikan keamanan perlindungan terhadap industri-industri yang berhubungan dengan Hilirisasi.

5. Kalau Illegal Mining , ekspor illegal mining masih terjadi artinya kita memberikan hidup pada pabrik dan industri yang ada di luar dan kita bisa bersaing, hati-hati mengenai ini, jaga yang namanya perbatasan agar yang ilegal-ilegal itu tidak terjadi baik di darat,di laut dan diudara.

6. Begitu ada kebakaran api besar di hutan kita, hati-hati Pangdam,hati-hati Kapolda, hati-hati Danrem, perjanjian kita masih berlaku, di ganti di copot.

7. Sinergi TNI-POLRI penting sekali, jangan hanya di permukaan tetapi betul-betul dari jajaran yang atas sampai jajaran bawah, itu dilihat rakyat.

8. Ini sudah masuk ke tahun politik, percikan sekecil apapun segera dipadamkan jangan menunggu menjadi besar, jangan ragu-ragu

Penekanan terkait Menjaga ketersediaan dan harga BAPOKTING :

1. Lakukan mapping permasalahan inflasi di daerah,hasil pemetaan dilaporkan pada saat rakor TPIPP untuk dianalisa secara Nasional.

2. Pimpinan bersama stakeholder lainnya harus turun langsung ke lapangan mencari tahu akar permasalahan dan mencari solusi penyelesaian.

3. Dana DAU dan DBH dapat digunakan untuk subsidi transportasi sehingga menekan harga di tingkat konsumen.

4. Lakukan kerjasama lintas daerah melalui business matching, daerah surplus membantu pemenuhan daerah yang dedifisit.

5. Dampingi pelaksanaan operasi pasar.

Penekanan terkait penggunaan anggaran Negara sebagai shock absorber :

1. Mantapkan koordinasi dan sinergitas dengan forkopimda dalam penyaluran program bantuan sosial sehingga dapat tepat sasaran.

2. Lakukan pendampingan dalam penggunaan anggaran kedepankan APIP sebelum melakukan penegakan hukum.

3. Polri harus menjadi bagian dari solusi penyelesaian kendala penggunaan anggaran di wilayah.

4. Kejar target PDN Polri sebesar 100% di tahun 2023.

5. Dorong peningkatan jumlah E-katalog dalam LKPP.

Penekanan terkait menjaga Investasi :

1. Pastikan keamanan pada daerah-daerah,khususnya kawasan strategis dan major project makan investor yakin bahwa Indonesia adalah Negara yang aman.

2. Jaminan kepastian hukum dalam perusahaan, tidak boleh ada pungli, mafia tanah atau hambatan lainnya.

3. Berikan pendampingan agar usaha yang dijalani sesuai dg regulasi yang berlaku dan memberikan pemenuhan kesejahteraan terhadap pegawai,khususnya TKI.

4. Lakukan komunikasi publik terkait pentingnya investasi demi mewujudkan Indonesia Maju.

Penguatan penanganan konflik sosial,personil TNI-Polri yang berada paling dekat dengan masyarakat yaitu para Babinsa,Bhabinkamtibmas dan pengemban fungsi Intelijen harus mampu untuk :

1. Tingkatkan kepekaan untuk mengidentifikasi dan menganalisa potensi konflik yang ada di tengah masyarakat.

2. Lakukan pemetaan konflik dan siapkan manajemen penanganan konflik yang tepat sasaran dan tidak berlarut-larut.

3. Tingkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan terkait guna selesai konflik.

Penekanan untuk menjaga pasar Domestik :

1. Melakukan penguatan penjagaan dan patroli perbatasan baik di darat, laut dan udara utk mencegah terjadinya penyelundupan barang impor ilegal.

2. Jalin sinergitas dan koordinasi yang baik dg stakeholder terkait untuk mencegah beredarnya produk impor ilegal di masyarakat.

3. Melakukan gakkum yang profesional terhadap perlindungan konsumen dan perdagangan barang impor ilegal.

4. Mendorong gerakan nasional bangga buatan Indonesia agar masyarakat turut serta mendukung pasar domestik

Penekanan upaya peningkatan indeks persepsi korupsi Indonesia :

1. Tingkatkan pendidikan anti korupsi di setiap lembaga pendidikan Polri.

2. Optimalkan digitalisasi pada pelayanan publik Polri untuk mengurangi interaksi dan menghilangkan potensi terjadinya penyimpangan.

3. Lakukan penegakan hukum terhadap pelaku tipikor secara profesional tanpa tebang pilih. Kedepankan juga asset tracing dan asset recovery.

4. Lakukan pengejaran terhadap pelaku korupsi meskipun lari keluar negeri dengan memanfaatkan kerjasama Police to Police . Div hubinter beri dukungan.

5. Lakukan program rebound CPI/IPK dg strategis sidak-sidak oleh satgasus pencegahan Tipikor

Identifikasi Dinamika gangguan kamtibmas tahun 2023 Polda Bali cenderung naik, perhatikan sistem pelaporan yang akan dijadikan LP untuk memaksimalkan identifikasi GK

Terkait pemetaan kerawanan pemilu 2024 :

1. Tingkatkan koordinasi dg KPU dan Bawaslu dlm kesiapan pelaksanaan Pemilu.

2. Berikan dukungan kpd penyelenggaran pemilu.

3. Siapkan EWS, Deteksi dini dan pencegahan dini terhadap potensi konflik di wilayahnya masing-masing, kasatwil harus menguasai wilayah.

4. Asops lakukan rapat koordinasi bersama dankorps brimob dan Kapolda utk menghitung kekuatan personil satwil pada 7 zona dan mabes Polri, petakan kebutuhan personil, siapkan ren dislokasi pers jangan sampai setelah dilakukan mobilisasi personel, daerah asal malah kekurangan personel untuk mengatasi eskalasi gangguan kamtibmas.

5. Deteksi Polsek harus mampu menjangkau sampai tingkst RW

Terkait Ancaman siber pemilu 2024 :

1. Lakukan patroli siber dan optimalkan program PVP.

2. Lakukan kampanye anti hoax melalui media sosial.

3. Koordinasi dg kominfo utk pemblokiran akun medsos konten negatif.

4. Koordinasi utk Mencegah dan mengatasi serangan siber.

5. Koordinasi dg CJS dan gakkumdu dalam gakkum TP yg berkaitan dg pemilu.

6. Optimalkan kemampuan penyidikan dan penyelidikan dalam penanganan tidak pidana siber

Strategi cooling system dalam pemilu dengan melaksanakan program QW Presisi antaranya Pre-Emtif, Preventif dan Gakkum

Beberapa event internasional pada tahun 2023 di Indonesia antara lain FI H2O POWERBOAT 2023, CHAIRMANSHIP ASEAN 2023, INDONESIA OPEN 2023, FIFA WORLD CUP U-20, MANDALIKA WORLD SUPERBIKE, MOTO GP MANDALIKA, ANOC WORLD BEACH GAMES, BASKETBALL WORLD CUP dan FORMULA E WORLD CHAMPIONSHIP

Terkait kepercayaan Publik terhadap Polri, setiap personel Polri harus menjaga diri dari perilaku menyimpang dan melaksanakan tugas dengan iklas serta sungguh-sungguh agar kepercayaan publik dapat terus ditingkatkan

Wujudkan Ide-ide kreatif lainnya melalui inovasi kepolisian yg secara langsung menyentuh masyarakat guna memberikan solusi terhadap permasalahan sosial atau keluhan masyarakat

Implementasi filosofi Satya Haprabu.
dalam sejarah, Polri dikenal sebagai satuan yang setia dan tidak pernah berkhianat, setia kepada institusi, Negara, Kepentingan Nasional dan kebijakan yg telah di tetapkan oleh Presiden sebagai pimpinan tertinggi dalam rangka mendukung pembangunan Nasional demi kemajuan Bangsa.

Dir intelkam Polda Bali pada intinya menyampaikan terkait netralitas Polri dalam pelaksanaan pengaman pemilu tahun 2024 agar Kastwil Kapolres dan Kapolsek lebih selektif dalam menghadiri undangan-undangan tokoh politik dalam sesi foto tidak menunjukan tanda/simbol mendukung kelompok politik manapun

Karo Rena Polda Bali pada intinya menyampaikan terkait penyerapan anggaran,Kasatwil buatkan perencanaan yang matang, pengadaan barang agar perencanaanya sudah dibuatkan awal tahun sehingga tidak terkesan terkejar di akhir tahun dan penyerapan anggaran dapat secara maksimal

Dir Reskrimsus Polda Bali pada intinya menyampaikan :
– terkait pelaporan masyarakat yang mengalami penipuan online, Kasatwil dan Kapolsek bisa mengarahkan kepada korban agar memberikan pemahaman kepada pelapor untuk mekanisme apabila laporan sudah masuk, sehingga pelapor dapat menyediakan waktu apabila diminta keterangan
– Untuk saat ini Dit Reskrimsus blm menangani kasus korupsi yang menjadi atensi publik.

Waka Polda Bali pada intinya menyampaikan apa yang di bahas hari ini agar dilaksanakan dan dilaporkan dengan baik, karena semua pembahasan hari ini memiliki tujuan yang bagus untuk Polri

Seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan aman dan lancar hingga berakhir pukul 17.00 wita

Publis : Humas Polres Karangasem.

Isk

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts