Kasus Tewasnya Karyawan PKS PT. TTU di Balai Jaya Benarkah Kecelakaan Murni..? 

0 0
Read Time:3 Minute, 23 Second

Tbinterpol -Rohil l

Kadisnaker Kabupaten Rohil bersama Tim Pengawas dan Disnaker Prov.Riau, Senin (13/2/2023) turun langsung ke PKS Tian Tujuhpuluh Utama.

Hal ini dilakukan pasca terjadinya kecelakaan kerja yang mengakibatkan 3 orang karyawan menjadi korban akibat kecelakaan kerja tersebut

.

Ini disampaikan oleh Asrul selaku kepala dinas tenaga kerja kabupaten Rokan Hilir saat melakukan croscek di PT. Tian Tujuh puluh Utama.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh kabid HI ( Amri), Teti pengawas dan Camat Balai Jaya Muhammad Fauzan S. P. T, Penghulu Balai Jaya .

Kunjungan Tim Disnaker tersebut tidak lain adalah guna melakukan croscek serta melakukan pendalaman terkait insiden meledaknya rebusan TBS di PKS. PT. TTU.

ami dan Tim dari Disnaker Kabupaten Rohil, dan tim pengawas dari Disnaker Prov.Riau, adalah untuk mengetahui lebih dekat, terkait kronologi yang terjadi di PKS .PT Tian Tujuhpuluh Utama, seperti yang telah diberitakan sebelumnya dibeberapa media online, ” Sebut salah seorang tim dari Disnaker.

Asrul menegaskan kecelakaan kerja yang terjadi di PKS Tian Tujuhpuluh Utama, harusnya dilaporkan kepada dinas dan instansi terkait , guna menjaga agar tidak menjadi polemik dimasyarakat.

Terutama kepada Dinas Tenaga Kerja guna mengantisipasi apabila adanya komfirmasi wartawan maupun pihak pihak yang berkepentingan, yang ingin mengetahui kebenaran berita tersebut.

Apabila tidak dilaporkan dan menjadi pertanyaan publik begini jadinya, ujar Asrul.

Kekecewaan ini juga diungkapkan Camat Balai Jaya muhammad Fauzan, Ia kecewa dan kesal lantaran pihak Perusahaan selama ini kerap memandang rendah dan sepele terhadap Camat selaku Pemerintahan di Kecamatan Balai Jaya.

Karena seorang camat kok bisa tidak mengetahui apa yang terjadi di wilayah pemerintahanya, “seakan akan tidak ada lagi rasa hormat selaku pejabat di Rohil ini, apa saya s laku Camat tidak diakui ,terang nya.

Memang selama ini “pihak perusahaan yang jelas berusaha dan mendapat hasil di daerah kita, tidak peduli kepada pemerintah setempat dan tidak mau tau ataupun berkordinasi sama sekali”, ujar Fauzan.

 

Untuk kedepanya selaku Catatan saya menghimbau, dan berharap agar pihak perusahaan dapat bersinergi dengan pemerintah.dengan adanya kejadian ini kiranya menjadi pembelajaran untuk kita semua, dan kita berharap tidak akan terjadi lagi.

 

Mari kita jalin kerjasama yang baik antara perusahaan dengan pemerintahan kecamatan maupun desa yang ada didaerahnya, dengan demikian tidak lagi ada kesenjangan antara pemerintah dengan perusahaan, dan pemerintah dapat mengetahui apa perkembangan dan apa saja yang dilakukan dan disalurkan oleh perusahaan sebagai bentuk CSR maupun tunjangan sosial (TJSL) kepada masyarakat yang ada diwilayahnya.

 

Tak hanya itu, PJS Penghulu Balai Jaya Jafet Manurung juga angkat bicara kepada managemen perusahaan dalam pertemuan tersebut.

 

Ia berharap,untuk kedepanya dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintahan desa/kepenghuluan. Jangan terulang hal seperti ini, karena ini juga sudah menjadi bagian dari tanggung jawab kami.

 

Apalagi yang menjadi korban kecelakaan kerja, adalah salah satunya warga kepenghuluan kita, pasti kita akan turun tangan sesuai tugas kita. Jangan ketika butuh saja pihak

 

Perusahaan seharusnya, datang untuk berkordinasi kedesa, jangan setelah ada kejadian baru pihak perusahan mau berkordinasi dengan kita, ungkapnya.

 

Manager PKS PT. Tian Tujuhpuluh Utama yang diketahui bermarga Marpaung memohon maaf yang sebesar besarnya atas ketidak nyamanan dari sikap Perusahaan selama ini .

 

Kepada Pemerintahan desa maupun kecamatan, yang berada didalam ruang lingkup Perusahaan , Untuk itu kedepanya saya berjanji akan menjalin kerjasama yang baik kepada pemerintahan yang ada,itu janjinya.

 

Kepada Disnaker Kabupaten dan juga tim Penlit dari Disnaker Provpinsi Riau, Marpaung menjelaskan bahwa kejadian tersebut murni kecelakaan kerja.

 

Dan sudah ditangani oleh Polsek Bagan sinembah dan sedang diusut oleh Polres Rokanhilir terkait kronologi kejadian tersebut.

Hal ini juga dibenarkan oleh kanit intel Polsek Bagan Sinembah Iptu saragih, yang hadir selaku perwakilan dari Polsek Bagan sinembah.

 

 

Lebih rinci dijelaskan oleh menager sebagai pimpinan bahwa pihak management perusahaan telah bertemu langsung dengan perwakilan keluarga, yang menjadi korban saat terjadinya kecelakan kerja tersebut.

 

Dan telah menyampaikan turut berduka cita atas musibah yang sedang di alami pekerja kami yang sedalam dalam nya.” Terkait dengan laporan kekantor dianaker sudah di laporkan dari kantor PKS sudah mengisi semua form syarat pelaporan kecelakan kerja “tutup manager.

 

Sebelumnya menurut keterangan warga sekitar kalau almarhum adalah seorang operator boiler dan bukan bagian di rebusan. ( TF.N).

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts