Kapolres Tabanan Lantik 615 PKS se-Kabupaten Tabanan

0 0
Read Time:2 Minute, 24 Second

Tabanan,tbinterpol.com |-
Dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya di lingkungan sekolah, Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K , M.H., melantik 615 anggota PKS (Patroli Keamanan Sekolah) se- Kabupaten Tabanan. Pelantikan ini dikemas dalam suatu upacara yang berlangsung di lapangan upacara Polres Tabanan, pada hari Selasa tanggal 28 Pebruari 2023 pukul 08.30 Wita.

Hadir dalam upacara tersebut Wakapolres Tabanan, Kadisdikpora Kabupaten Tabanan I Gusti Putu Ngurah Darma Utama, AP., M.Si, Perwakilan Kodim 1619/Tabanan, Pejabat Utama Polres Tabanan, Kapolsek jajaran, para Kepala SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan. Upacara diikuti oleh para anggota PKS didampingi para instruktur dari personil Satuan Lalu Lintas, turut serta pasukan Polisi Cilik (Pocil) Polres Tabanan.

Kapolres Tabanan dalam sambutannya mengatakan bahwa “Patroli Keamanan Sekolah yang sebelumnya bernama Polisi Keamanan Sekolah pada 5 Mei 1975, dilatarbelakangi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah. Dan atas persetujuan Letkol Polisi Anton Soedjarwo sebagai Kapolda Metro jaya pada 5 Juni 1975 ,nama Polisi Keamanan Sekolah berubah menjadi Patroli Keamanan sekolah (PKS). Dengan adanya perubahan ini ruang lingkup tugasnya hanya dilingkungan sekolah dan diperluas di bidang lalulintas. Seluruh anggota PKS wajib mengetahui peraturan lalu lintas,” ungkap Kapolres Tabanan.

“Dari sejarah tersebut, maka para pelajar khususnya para patroli keamanan sekolah dapat menjadi mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas. Patroli keamanan sekolah saat ini
sudah menjadi salah satu kegiatan ekstra
kurikuler di sekolah. Hal ini adalah untuk
pengamanan swakarsa dan menciptakan keamanan dan ketertiban serta Kamseltibcar lantas di lingkungan sekolah melalui kegiatan yang ada dalam PKS seperti PBB, dan ketertiban lalu lintas”. ujar Kapolres Tabanan.

Terbentuknya patroli keamanan sekolah bertujuan untuk membentuk
kepribadian pelajar yang tanggap dan cekatan, berjiwa sosial berwawasan pengetahuan yang lebih baik. PKS juga sebagai suatu kebutuhan untuk mewujudkan keamanan, ketertiban dan kedisiplinan siswa di lingkungan sekolah. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud bentuk kerja sama antara Kepolisian Resor Tabanan dengan Dinas
Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tabanan”.

Kapolres Tabanan juga berharap dengan terbentuknya PKS ini bisa membantu Polres Tabanan untuk menekan jumlah Laka Lantas dan mengurangi terjadinya pelanggaran, karena PKS berkewajiban memberikan himbauan kepada teman sekolahnya untuk tertib berlalu lintas. Kecelakaan lalulintas yang sering terjadi pada usia 15 sampai dengan 35 tahun, kami menghimbau agar berangkat ke sekolah mengendarai sepeda motor saat berpakaian adat agar tetap menggunakan helm SNI demi keselamatan dalam berlalu lintas,” tegas Kapolres Tabanan.

Diakhir sambutannya Kapolres Tabanan tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Disdikpora Kabupaten Tabanan, para Kepala Sekolah dan instansi terkait lainnya yang telah mendukung kegiatan ini, yang bertujuan untuk kepentingan kita bersama, melatih dan mendidik generasi muda bangsa untuk disiplin dan memiliki pengetahuan yang luas selain yang didapat dari gurunya di sekolah. Kepada para anggota PKS kami mengucapkan selamat, semoga apa yang didapat dalam pelatihan PKS dapat bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekolah,” tutup Kapolres Tabanan.

Selesai upacara dilaksanakan peragaan Senam Lalu lintas oleh anggota PKS dan PBB oleh Pocil Polres Tabanan

Iskan
(Humas Polres Tabanan)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts