Berikan Kenyamanan Dan Keamanan Dalam Harkamtibmas Melalui Jumat Curhat.

0 0
Read Time:2 Minute, 19 Second

Buleleng,tbinterpol com |-
“Jumat Curhat”, yang diselenggarakan Polres Buleleng, pada hari ini Jumat (3/3/2023) pukul 10.00 wita, kembali dilaksanakan di Desa Pancasari yang dihadiri dari kelompok masyarakat petani, pariwisata dan yang lainnya.

Kapolres Buleleng AKBP I Made Dhanuardana, SIK. MH., yang diwakili Waka Polres Buleleng KOMPOL Yusak Agustinus Sooai, S.I.K., menyampaikan bahwa kegaitan Jumat Curhat ini dilakukan untuk menyerap masukan dan informasi dari masyarakat tentang apa yang diinginkan masyarakat dan yang tidak dikendaki masyarakat terhadap tugas Kepolisian, sehingga terbentuk Polri yang diinginkan masyarakat bekerja baik dan memberikan pelayanan.

Sebelumnya pada tanggal 27 Januari 2023 juga pernah dilaksanakan jumat curhat dan beberapa keluhan sudah ditindak lanjuti Kapolres Buleleng, seperti penyelesaian tapal batas, kehadiran Polri pada saat masuk dan pulang sekolah anak-anak termasuk dalam ketertiban berlalu lintas dan penyuluhan Narkoba.

Tidak hanya masyarakat Desa Pancasari saja yang hadir, Perbekel Pancasari Wayan Komiarsa serta beberapa debcolector dari PT.Sekenon ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

Curhatan pertama disampaikan dari perwakilan debt collector yang saat melaksanakan tugasnya sudah bekerja sesuai dengan prosedur, namun disaat debitur didatangi malah marah-marah bahkan ada juga barang yang dicicil sudah tidak ada lagi dan berpindah tangan, bagaimana cara penyelesaiannya, ucap Putu Sutaba.

Mendengarkan curhatan tersebut kemudian Waka Polres Buleleng, menyampaikan, dalam peraturan perundang-undangan istilah debt collector tidak ada, yang ada hanya eksekutorial,sehingga dalam pelaksanaan tugas yang berkaitan dengan penarikan jaminan fidusia, pastikan dulu bahwa barang yang dijadikan jaminan tercatat sebagai jaminan fidusia, ucap waka Polres.

Karena sudah jelas diatur dalam putusan Makamah Konstitusi (MK) dijelaskan bahwa, “terhadap jaminan fidusia yang tidak ada kesepakatan tentang cidera janji dan debitur keberatan menyerahkan secara sukarela objek yang menjadi jaminan fidusia, maka segala mekanisme dan prosedur hukum dalam pelaksanaan eksekusi Sertifikat Jaminan Fidusia harus dilakukan dan berlaku sama dengan pelaksanaan eksekusi putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap”.

Sedangkan masyarakat Pancasari menyampaikan, mohon kiranya ditingkatkan keamanan dan kenyamanan yang selama ini masih dirasakan adanya ketidak nyamanan dengan adanya beberapa barang milik petani yang hilang saat disimpan di kebun, karena alat pertanian tersebut sering hilang saat mau dipakai dan digunakan, keluh Putu Sumada dan Nyoman Budiarsa.

Menyikapi hal tersebut Waka Polres Buleleng menyampaikan, untuk masalah keamanan dan kenyamanan lingkungan atau tempat tinggal, diperlukan sinergitas dengan semua komponen yang ada termasuk keamanan lingkungan, mari bersama sama menjaga keamanan lingkungan dari diri sendiri dengan mengaktifkan kembali pos kamling serta pengamanan swakarsa lainnya, ucapnya.

“dengan peningkatan kegiatan keamanan seperti Patroli Polisi, Pos Kamling dan Pam Swakarsa dapat mencegah terjadinya gangguan kamtibmas, sehingga diperoleh kenyamanan dan kemanan untuk masyarakat”, imbuhnya.

“dan untuk tidak terjadi hilangnya barang-barang yang dipergunakan untuk pertanian, agar barang barang yang dimiliki dan dipergunakan untuk di tempattkan ditempat yang aman, tidak ditaruh sembarangan yang dapat mendatangkan niat dan kesempatan bagi pelaku kejahatan untuk mengambil barang tersebut”, tegas Waka Polres.

Isk

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts