Sikum Polres Karangasem Mengikuti Rakernis Bidkum Polda Bali T.A. 2024

0 0
Read Time:2 Minute, 38 Second

Karangasem.tbinterpol.com |
Sikum Polres Karangasem sesuai dengan Sprin Kapolres Karangasem mengikuti Kegiatan Rakernis Bidkum Polda Bali T.A. 2024 dengan Tema “Penguatan Pengemban Fungsi Hukum Guna Mewujudkan Polri Yang Presisi Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Nasional” bertempat di Ruang Anggrek Hotel Nusa Indah Kesiman Denpasar, Senin (27/5/24).

Kegiatan Rakernis tersebut dibuka oleh Kabidkum Polda Bali Kombes Pol Dewa Made Alit Artha, S.I.K., M.H., dengan diawali menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan menyanyikan Lagu Mars Divisi Hukum Polri dan Doa, dan Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plh. Kasubbidsunluhkum Bidkum Polda Bali, Kasubbidbankum Bidkum Polda Bali, Kasubbagrenmin Biďkum Polda Bali, Perwakilan Masing² Satker Polda dan Kasikum Polres jajaran bersama anggota serta Personel Bidkum Polda Bali yang berjumlah seluruhnya 100 orang, serta juga berkolaborasi dengan Kajati Bali dan Pengadilan Negeri Bali sebagai Narasumber.

Kabidkum Polda Bali menyampaikan, bahwa Rakernis yang membahas  Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum oleh Kabidkum Polda Bali merupakan hasil Rakernis dan Lokakarya  Divkum Polri terkait kelanjutan kepada Satker Polda Bali dan Satwil jajaran Polda Bali untuk  melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan hukum perihal “Efektifitas penerapan UU Nomor 1 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik” dalam penguatan pengemban fungsi hukum guna mewujudkan Polri yang presisi dalam rangka mendukung pembangunan Nasional.

”Dengan perkembangan peradaban masyarakat di mana perubahan yang tinggi terdapat pada pola pikir dan pola tindak masyarakat, perubahan yang terjadi pada dasarnya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, namun disisi lain dapat pula dampak negatif. Bahwa dalam era globalisasi telah mengembangkan peranan  teknologi informasi dan komunikasi  dalam posisi yang sangat strategis karena menghadirkan dunia tanpa batas jarak ruang dan waktu” jelas Kabidkum Polda Bali.

Dengan perkembangannya kelak berubah pola hidup masyarakat secara global mengenal letakkan tatanan sosial budaya ekonomi dan penegakan hukum yang  berlangsung secara cepat memanfaatkannya dan tidak terbatas pada sektor pemerintahan, bisnis, pendidikan dan kehidupan pribadi di samping dampak positif juga bisa  memberikan ruang untuk terjadinya kejahatan  cybercrime. Pelanggaran hukum dunia maya merupakan fenomena yang luar biasa maka kita mengingat tindakan cutting packing, tracking, fishing dan saber perjudian penipuan dan penyebab informasi tersebut telah menjadi bagian di era globalisasi transaksi elektronik.

PLH Kasubbid Sunluhkum Kompol I Nyoman Gatra,S.H.,M.H, juga menyampaikan paparan Kabidkum Polda Bali, senada yang disampaikan oleh Narasumber dari Kejati Bali dan Pengadilan Negeri Denpasar bahwa untuk pembangunan nasional  menuju Indonesia mas, salah satunya perlu dibangunnya kekuatan fungsi hukum dan sinergisitas dan berkolaborasi dengan beberapa APH terkait.
Khususnya Personil Polri dalam Rakernis ini diharapkan mampu  memahami terkait UU tentang Informasi dan Transaksi Elektronik ditengah era globalisasi guna mengimplementasikan dalam penguatan fungsi hukum untuk mewujudkan Polri yang Presisi dalam rangka mendukung pembangunan nasional menuju Indonesia Mas.

Pada sesi pembulatan materi yang dibawakan oleh Kompol I Nyoman Gatra,S.H.,M H bahwa Rakernis ini dalam rangka mensosialisasikan dan penyuluhan hukum hasil dari lokakarya dan Rakernis dari Kadivkum Polri di Jakarta dan Bandung agar dapat memberikan gambaran tentang kebijakan dan rencana Divkum Polri sampai kepada Satker Polda dan Satwil Polres jajaran dengan tujuan agar terwujud fungsi hukum Polri yang adil humanis dan beradab.

Kegiatan Rakernis Bidkum Polda Bali T.A. 2024 ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dilanjutkan dengan acara ramah tamah. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts