Kadivkum Polri Paparkan  Diseminasi Kajian Permasalahan HAM yang Dilaksanakan Kabidkum Polda Bali 

0 0
Read Time:2 Minute, 19 Second

Bali.tbinterpol.com | Pasca Suksesnya WWF ke 10 di Bali, Kabidkum Polda Bali secara berkesinambungan melaksanakan sosialisasi menguatkan fungsi hukum guna mendukung pembangunan Nasional dengan tema ”  Diseminasi Kajian Permasalahan HAM “, berlangsung Di Hotel Neo Gatsu Barat Denpasar Rabu 29/4/24.

Dalam Acara tersebut dihadiri oleh Karo Bankum divkum polri Brigjen Pol Veris Septiansyah ,S.H.,S.I.K.,M.S.i.,M.H yang didampingi oleh Kabag Ham, KBP Tony Binsar serta
Kabidkum Polda Bali Kombes Pol Dewa Made Alit Artha S.I.K.,M.H, PLH Kasubbid Sunluhkum Kompol I Nyoman Gatra,S.H.,M.H beserta Ps Kaur Sunkum  AKP Meipin ,S.H.,M.H, beserta staf Bidkum Polda Bali dan Satker Polda dan Satwil Jajaran. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan Mars Divkum Polri serta Doa.

Kabidkum Polda Bali Kombes Pol.Dewa Made Alit Artha ,S I.K.,M.H menyampaikan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menyampaikan terima kasih kepada Karo Bankum Divkum Polri yang langsung berkenan hadir dalam acara Diseminasi Kajian Permasalahan HAM agar peserta dapat  memahami dan menjadikan referensi dan masukan dalam tugas dalam  penanganan kasus-kasus yang bernuansa HAM di Polda Bali.

” Pelaksanaan Diseminasi Kajian HAM ini dilaksanakan sebagai bentuk penyegaran  hasil pengukuran data ” terang Kabag Ham Divkum Polri.

Kadiv Polri Brigjen Pol. Veris Septiansyah ,S.H.,S.I.K.,M.,Si.,M.H dalam sambutannya yang diawali dengan puji syukur Kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan anugerahnya sehingga dapat berkumpul dalam rangka Diseminasi kajian permasalahan HAM serta tentang Penghapusan penyiksaan dalam proses penyidikan tindak pidana di Daerah Hukum Polda Bali. 

Dalam amanat Kadivkum Polri Irjen Pol Victor T. Sihombing ,S.I.K.,M.Si.,M.H yang dibacakan Karo Bankum Divkum Polri bahwa Diseminasi Ham yang dilaksanakan Polda Bali dengan tema ” ” Penghapusan penyiksaan dalam proses penyidikan tindak pidana sangat penting untuk diketahui dan dipedomani oleh anggota khususnya para penyidik.

” HAM yang merupakan milik bagi Setiap orang bukan hanya menjadi kewajiban moral akan tetapi juga merupakan pondasi penting bagi pembangunan masyarakat yang adil demokratis dan berkelanjutan ” terang Karo Bankum Divkum Polri.

Dilanjutkan oleh kabag Ham Divkum Polri menerangkan terkait dengan banyaknya pelanggaran oleh Anggota Polri terutama selaku penyidik masih banyak terjadi pelanggaran HAM baik berupa pelanggaran pisik atau psikis terhadap korban atau diduga sebagai tersangka baik dalam proses penyelidikan, penyidikan dalam pemeriksaan, saat olah TKP, penggeledahan serta penyitaan yang kadang tanpa surat perintah dan masih banyak pelanggaran lainnya.

” Dengan tingginya Laporan masyarakat kepada Polri dibanding pelaporan masyarakat di institusi lain, ini artinya Polri masih mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat ” terang Kabag Ham divkum Polri “.

Polisi merupakan bagian dari pemerintahan wajib melindungi demi harkat dan martabat manusia serta melakukan perlindungan, penegakkan HAM dengan referensi Perpol, perkap sehingga dapat mengurangi terhadap pelanggaran HAM.

Acara ditutup dengan tanya jawab.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts