Agar Berjalan Lancar, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Berperan Aktif dalam Pengamanan Upacara Ngaben

0 0
Read Time:1 Minute, 12 Second

Gianyar.tbinterpol.com |
Upacara Ngaben adalah salah satu ritus budaya Bali yang sangat penting, yang melibatkan prosesi pemakaman dengan penuh hormat bagi orang yang telah meninggal dunia. Untuk memastikan kelancaran dan keamanan upacara Ngaben Alm. Bpk I Made Sulastra, S.Pd., di Setra Banjar/Desa Adat Kengetan, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bhabinkamtibmas Desa Singakerta Aiptu I Made Widastra bersama Babinsa dan pecalang, melaksanakan pemantauan dan pengamanan.

Pengamanan ini adalah bagian dari tanggung jawab seorang Bhabinkamtibmas yang melekat dan berbaur dengan warga binaannya, serta selalu hadir dalam setiap kegiatan, baik yang bersifat adat maupun kedinasan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan situasi kondusif dan memastikan keamanan dan ketertiban dalam berbagai acara masyarakat.

Kegiatan pengamanan upacara Ngaben dilaksanakan dengan melibatkan komponen adat dan kerjasama dengan keluarga dan keluarga besar almarhum hingga seluruh prosesi, mulai dari rumah duka hingga ke area Setra (kuburan) Banjar/Desa Adat Kengetan, berjalan aman, tertib, dan lancar.

Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada, S.I.K., menggaris bawahi pentingnya sinergi antara Bhabinkamtibmas, Babinsa, pecalang, dan elemen masyarakat lainnya dalam mendukung keamanan dan keselamatan warga yang sedang melaksanakan upacara Ngaben. Kehadiran Polri dalam mendukung kegiatan keagamaan masyarakat adalah manifestasi nyata dari kebersamaan Polri dengan Masyarakat yang selalu dijaga dan ditingkatkan.

Dengan kerja sama yang kuat antara berbagai pihak, upacara Ngaben dapat berlangsung dengan sukses dan aman, dan kehadiran Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat merupakan contoh bagus dari peran Polri dalam mendukung kehidupan masyarakat dan tradisi budaya mereka. (dastro)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts