Kapolres Tabanan Pimpin Upacara pelantikan PKS tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan tahun 2023/2024

0 0
Read Time:2 Minute, 33 Second

Tabanan.tbibterpol.com |
Selasa ( 11/6/ 2024 ) mulai pukul 08.00 Wita s/d 08.45 Wita bertempat di Lapangan Apel Polres Tabanan telah berlangsung kegiatan Upacara pelantikan PKS tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan tahun 2023/2024 yang dipimpin oleh *Kapolres Tabanan AKBP LEO DEDY DEFRETES, S.H., S.I.K., M.H.*

Hadir dalam giat tersebut antara lain, Dandim 1619 Tabanan, Kadisdikpora Kab. Tabanan / diwakili, Kadishub Kab. Tabanan / yg mewakili, Kepala Sekolah se-Kab. Tabanan, PJU Polres Tabanan, Kapolsek Tabanan dan Kapolsek Kediri Polres Tabanan dan Peserta Upacara dan PKS SMA/SMK se-Kabupaten Tabanan.

Adapun amanat Kapolres Tabanan pada intinya menyampaikan, Para peserta upacara sekalian perlu diketahui bahwa Patroli Keamanan Sekolah pada awalnya bernama Polisi Keamanan Sekolah yang dibentuk pada tanggal 5 Mei 1975. Terbentuknya Polisi Keamanan Sekolah ini dilatarbelakangi oleh rasa memiliki sekolah didalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungannya. Lingkup tugasnya pada saat itu yaitu hanya sebatas menjaga keamanan sekolah dari tindakan – tindakan yg dilakukan oleh siswa disekolah yg bersangkutan.

Pada tanggal 5 Juni 1975 atas persetujuan dari Bapak Letkol Anton Soedjarwo yg saat itu menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Polisi Keamanan Sekolah ini berubah menjadi namanya menjadi Patroli Keamanan Sekolah. Karena perubahan tersebut ruang lingkup dari Patroli Keamanan Sekolah dalam bidang keamanan dipersempit hanya sebagai pengawas atau pemantau dari tindakan-tindakan negatif yg terjadi disekolah untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak Guru. Sementara untuk perluasannya yaitu di Bidang kelalulintasan, dimana seluruh anggota Patroli Keamanan Sekolah diajarkan pengaturan lalulintas dan sebagai perpanjangan tangan Polantas.

Dari sejarah tersebut maka Patroli Keamanan Sekolah menjadi mitra Polri dalam menjaga Kamtibmas dan Kamseltibcarlantas. Patroli Keamanan Sekolah saat ini menjadi ekstrakulikuler yg melatih para pesertanya untuk melaksanakan Pamswakarsa dan menciptakan suatu kegiatan yg positif dilingkungan sekolah melalui kegiatan yg ada dalam PKS seperti PBB, Ketertiban Lalulintas, Pengaturan Lalulintas dan Penyuluhan kenakalan remaja.

Terbentuknya Patroli Keamanan Sekolah bertujuan untuk membentuk kepribadian pelajar yg tanggap dan cekatan, berjiwa sosial serta berwawasan pengetahuan yg lebih baik. PKS juga sebagai suatu kebutuhan bagi pihak sekolah yakni mewujudkan Keamanan, Ketertiban dan Kedisiplinan di lingkungan sekolah.

Ditambahkan oleh bapak Kapolres bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud bentuk kerja sama antara Polres Tabanan dengan Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Tabanan, Pelajar Pelopor dengan Diana Perhubungan dan ikut membantu kemanan Nasional bersama TNI-Polri yg sudah berjalan cukup baik dalam rangka membina dan mempersiapkan kader-kader bangsa, serta menciptakan situasi aman di sekolah sehingga proses belajar mengajar dilingkungan sekolah dapat berjalan dengan lancar.

Dalam kegiatan ini PKS se-Kabupaten Tabanan yg dilantik secara serentak berjumlah 428 orang. Besar harapan kami agar generasi muda ini menjadi pelopor keselamatan berlalulintas serta tetap dapat menjaga kemanan dilingkungan sekolahnya masing-masing. Akhir kegiatan ini kami ucapkan terimakasih terhadap seluruh pihak yg telah mendukung sepenuhnya atas kesuksesan kegiatan ini mulai dari tahap perencanaan, persiapan sampai dengan pelantikan dengan harapan kerja sama yg baik ini dikemudian hari kita dapat tingkatkan lagi guna bersama-sama mempersiapkan generasi muda sebagai sumber daya manusia yg handal di masa mendatang.

Setelah pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan peragaan baris berbaris dan pengaturan lalulintas oleh perwakilan PKS se-Kab. Tabanan.

( Humas Polres Tabanan )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts