Polsek Abang Bergotong Royong Penanganan Bencana Alam

0 0
Read Time:2 Minute, 15 Second

Karangasem,tbinterpol.com |
Polsek Abang personil Bhabinkamtibmas Desa Bunutan Polsek Abang Aiptu I Nyoman Sujana, bahu membahu, bergotong royong dengan Bhabinsa, Kelian Banjar Sege, Kades Bunutan dan masyarakat, penanganan bencana alam tanah longsor, membersihkan material longsoran yang menutupi jalan, serta membantu korban bencana alam, di Banjar Dinas Sege, Desa Bunutan, Kamis (23/02/2023) malam.

Bhabinkamtibmas Desa Bunutan Aiptu I Nyoman Sujana menerima informasi dari kelian Banjar Dinas Sega, Desa Bunutan bahwa pada hari Kamis tanggal 23 Pebruari 2023 pukul 19.00 Wita, telah terjadi pondasi senderan pekarangan yang jebol yang mengakibatkan gudang tempat penyimpanan bahan baku anyaman bambu rusak berat milik I Ketut Merta, alamat Banjar Dinas Sega, Desa Bunutan, serta material pondasi tersebut menutupi jalan kabupaten dari sega menuju bunutan yg disebabkan adanya hujan deras mengakibatkan pergeseran tanah, serta mengancam keberadaan rumah milik I Kadek Darma Yasa, yang posisinya dibawah, karena material senderan tersebut berupa bebatuan dan tanah liat.

“Awalnya kami diberi tahu oleh Kelian Banjar Sege ada kejadian senderan pondasi rumah jebol, kemudian dengan adanya informasi itu saya langsung ke lokasi kejadian untuk melihat langsung dan melakukan penanganan,” Terang Sujana.

“Terkait kejadian ini sudah dilakukan penanganan secara bergotong royong menggunakan alat seadanya, sehingga jalan sega menuju Desa Bunutan sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat,” tambah Sujana.

Adapaun kerugian materiil sebagai berikut :
– Pondasi halaman rumah setinggi 4 m, panjang 8 m jebol
– 1 unit gudang tempat penyimpanan bahan baku anyaman bambu rusak berat.

Rincian jumlah kerugian diperkirakan Rp. 30.000.0000,- (tiga puluh juta rupiah). Namun dilaporkan nihil korban jiwa.

Bhabinkamtibmas Desa Bunutan Polsek Abang mengatakan bahwa penyebab kejadian ini karna sebelumnya terjadi hujan deras di Banjar Sege sehingga mengakibatkan senderan pondasi pekarangan rumah warga jebol.

“Tadi hujannya cukup deras yang mengakibatkan senderan di Banjar Dinas Sege,” Ucap Bhabinkamtibmas Desa Bunutan.

Bhabinkamtibmas Desa Bunutan sampaikan himbauan agar selalu waspada dengan cuaca extrim pada musim penghujan yang sering mengakibatkan longsor dan pohon tumbang, sehingga meminimalisir kerugian materiil dan mencegah adanya korban jiwa.

“Kami tetap bimbau masyarakat agar selalu waspada cuaca extrim, karna akhir akhir ini sering terjadi tanah longsor dan pohon tumbang yang di sebabkan hujan deras disertai angin kencang,” Ucapnya.

Ditemui secara terpisah Kapolsek Abang AKP I Ketut Anyar Wijana, S.H., mengatakan telah dilakukan penanganan tanah longsor di Banjar Sege oleh Bhabinkamtibmas Desa Bunutan bersinergi dengan Babinsa, Kelian Banjar Dinas Bangle, Perbekeldan masyarakat setempat, sebagai wujud sinerginitas Polri dengan instansi terkait dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kemudian masyarakat juga dihimbau untuk selalu waspada dengan cuaca yang cukup extrim.

“Sebagai wujud sinerginitas Polri dengan instansi terkait dan masyarakat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, telah dilakukan penanganan bencana alam senderan pondasi jebol, di Banjar Sege oleh Bhabinkamtibmas Desa Bunutan secara bergotong royong,” Ucap Kapolsek Abang.

Isk

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts