MENYEDIAKAN LAYANAN JDIH TERBAIK, KANWIL KEMENKUMHAM BALI LAKUKAN KOORDINASI DENGAN BPHN

0 0
Read Time:1 Minute, 24 Second

JAKARTA ,tbinterpol.com |- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali melaksanakan kegiatan Koordinasi Pengintegrasian Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) bertempat di Sekretariat Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Rabu (01/03).

Hadir dalam kesempatan tersebut Koordinator Penyuluh Hukum Bali dan diterima oleh staff pada Pusat JDIH Nasional BPHN. Dalam koordinasi tersebut disampaikan oleh staff Pusat JDIH Nasional BPHN bahwa Pengintergrasian Jaringan Dokumentasi Hukum Adat (JIDAT) agar bisa terintegrasi dengan JDIHN. JIDAT sendiri merupakan wadah dari desa adat di Bali yang memiliki produk hukum, dan diharapkan JIDAT dapat menjadi prioritas pengintegrasian.

Kemudian dalam kesempatan tersebut juga disampaikan agar Kanwil Kemenkumham Bali melakukan upaya untuk mendorong Perguruan Tinggi yang ada di Bali agar bisa terintegrasi JDIHN, mengingat untuk saat ini masih terdapat 1 (satu) Perguruan Tinggi yang telah tergabung, yaitu Universitas Warmadewa. Sedangkan disampaikan oleh Koordinator Penyuluh Hukum Bali bahwa Universitas Pendidikan Ganesha sudah dalam proses pengintegrasian.

Berkaitan dengan tugas & fungsi sebagai penyuluh hukum, maka diperlukan partisipasi aktif dari seluruh penyuluh hukum untuk menyebarluaskan informasi terkait JDIHN, baik kepada anggota JDIH maupun masyarakat, bahwa seluruh informasi produk hukum maupun literasi bisa didapatkan di JDIHN.

Diharapkan seluruh anggota JDIHN dapat melakukan pengelolaan JDIH sesuai standarisasi yang ada berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2019 tentang Standar Pengelolaan Dokumen dan Informasi Hukum, termasuk yang sedang menjadi perhatian adalah untuk menghentikan layanan dari pihak swasta atau pihak ketiga (rekanan) untuk server JDIH, dan beralih menggunakan server yang ada pada Dinas Komunikasi dan Informatika masing-masing atau dari Kementerian Hukum dan HAM. Sehingga dengan dikelolanya JDIH berdasarkan peraturan yang ada maka dapat memberikan layanan terbaik bagi masyarakat, dan semakin banyak masyarakat yang menggunakan fasilitas JDIH maka secara otomatis akan meningkatkan rating.

Isk

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts