Tindaklanjuti Rapim TNI-Polri, Kapolda Sulut Atensi Persiapan Pengamanan Pemilu 2024

0 0
Read Time:1 Minute, 54 Second

Manado ,tbinterpol.com |
– Menindaklanjuti rapat pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2023 yang dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu lalu, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto memberikan beberapa atensi kepada jajaran, salah satunya terkait persiapan pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

Atensi tersebut disampaikan Irjen Pol Setyo Budiyanto dalam rapat koordinasi (rakor) internal yang dihadiri Wakapolda beserta para Pejabat Utama, Kapolresta, dan Kapolres jajaran Polda Sulut, pada Senin (6/3) siang, di ballroom Hotel Luwansa, Kota Manado.

“Dimana dalam rapim itu, ada beberapa penekanan terutama dari Bapak Presiden RI, Panglima TNI, Kapolri, dan beberapa pembicara antara lain dari KPU, Bawaslu, dan lainnya. Itulah yang kami satukan dan kami tekankan kepada seluruh Pejabat Utama, Kapolresta, dan Kapolres untuk menindaklanjuti,” kata Irjen Pol Setyo Budiyanto, di sela-sela kegiatan rakor.

Lanjutnya, persiapan pengamanan Pemilu 2024 khususnya di wilayah Sulut perlu diseriusi sejak awal karena didasari oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah karena Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) di Sulut cukup tinggi.

“Sesuai dengan informasi yang diberikan oleh Bawaslu, Sulut termasuk IKP-nya cukup tinggi, dari sisi kerawanan secara politik, tinggi,” jelas Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Selain itu, dirinya juga mendapat penjelasan dari Dirreskrimum Polda Sulut bahwa, Bawaslu memberikan penilaian tersebut dengan beberapa kriteria.

“Ada empat kriteria pokok dan kemudian di-break down lagi menjadi beberapa penilaian sehingga muncul penilaian prosentase IKP kita tinggi. Penilaian ini juga didasarkan dari pelaksanaan Pemilu tahun-tahun sebelumnya, jadi bukan saat ini saja. Permasalahan-permasalahan yang terjadi pada tahun sebelumnya itu yang kemudian dijadikan sebagai salah satu parameter untuk menentukan IKP itu menjadi tinggi,” terang Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Pihaknya berharap, dengan diketahuinya IKP tersebut, Polda Sulut dan jajaran akan lebih siap melaksanakan tugas pengamanan Pemilu 2024 mendatang.

“Harapan saya tentunya, dengan kita mengetahui bahwa IKP tinggi, menjadi konsen bagi Polda Sulut untuk semakin siap melaksanakan tugas, khususnya dalam pengamanan Pemilu 2024,” harap Irjen Pol Setyo Budiyanto.

Ditambahkannya, rakor internal ini juga sebagai sarana untuk menganalisa dan mengevaluasi pelaksanaan tugas-tugas kepolisian di Polda Sulut.

“Rakor ini juga sebagai bagian dari evaluasi pelaksanaan tugas di bidang operasional dan pembinaan yang sudah dilakukan oleh Polda Sulut dalam kurun waktu bulan Januari dan Februari 2023. Mudah-mudahan dengan pelaksanaan kegiatan rakor ini, semua perintah yang diberikan dari pusat bisa dipahami dan dilaksanakan dengan baik,” pungkas Irjen Pol Setyo Budiyanto.
Tbinterpol.com sulut (Michael Rusly )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts