Pelantikan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa Se-Kabupaten Jembrana

2 0
Read Time:3 Minute, 35 Second

Pelantikan Pengambilan Sumpah Janji Jabatan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa Se-Kabupaten Jembrana

Jembrana – Bertempat di Ruang Pertemuan Hotel Jimbarwana Lt. II, Jln. Udayana No. 2, Banjar Tengah, Kecamatan Jembrana telah berlangsung kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah, Janji Jabatan Bagi Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kel/Desa Se-Kab.Jembrana dalam rangka Pemilihan Umum Tahun 2024, Senin (6/2/2023) pukul 10.00 Wita.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Jembrana (I Nengah Tamba S.H), Ketua Bawaslu Provinsi Bali diwakili Kabag Administrasi (I Gusti Ngurah Kartika S. Sos), Dandim 1617/Jembrana diwakili Kasdim Jembrana (Letkol (Har) I Gusti Made Seputra), Kapolres Jembrana diwakili oleh Waka Polres Jembrana (Kompol Losa Lusiano Araujo, S.I.K.), Ketua DPRD Kab. Jembrana (Ni Made Sri Sutarmi, S.H.), Ketua Pengadilan Negeri Jembrana/yang mewakili, Ketua Bawaslu Kab. Jembrana (Pande Made Ady Muliawan, S.T.), Ketua KPU Kab. Jembrana (I Ketut Gde Tangkas Sudiantara, S.T.),Kasat Pol PP Jembrana diwakili Kabid Penegakan Perda Sat Pol PP Kab. Jembrana (I Kt Jaya Wirata S.H), Kaban Kesbang Pol Kab. Jembrana (Eko Susilo Artha Permana SE.M. Si), Para Camat Se-Kab. Jembrana, Para Danramil Se-Kab. Jembrana/yang mewakili, Para Kapolsek Se-Kab. Jembrana/yang mewakili,Para Pimpinan OPD Kab. Jembrana, Komisioner Bawaslu Kab. Jembrana, Sekretaris dan Staf Bawaslu Kab. Jembrana, Para Rohaniawan, Para Pengawas Pemilihan Umum Kel/Desa Se-Kab. Jembrana.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba, S.H. dalam sambutannya pada intinya menyampaikan, Sesanthi dan angayu bagia senantiasa saya panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa/ Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Allah SWT, karena atas Asung Kertha Wara Nugraha-Nya kita selalu diberikan kesehatan lahir dan batin sehingga dapat hadir bersama-sama pada hari yang sangat berbahagia ini dalam acara “Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa se Kabupaten Jembrana dalam Rangka Pemilu Tahun 2024”.

Lanjutnya, bagi Anggota Panitia Pengawas Desa/Kelurahan yang baru saja dilantik, Saya turut merasa berbahagia melihat wajah-wajah saudara yang cerah karena Saudara-saudara baru saja dilantik secara resmi sebagai Panitia Pengawas Kelurahan/Desa Pemilihan Umum Tahun 2024. Sungguh suatu tugas yang sangat mulia untuk mengawal tegaknya proses demokrasi di Negara kita.

“Sebagai Panitia Pengawas Pemilu di tingkat Kelurahan/Desa, Saudara menjadi bagian terpenting dan garda terdepan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten, Panitia Pengawas Pemilihan Umum _ Kelurahan/Desa sebagai Pengawal Demokrasi yang akan bekerja mempersiapkan dan mengawal terselenggaranya Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum yang demokratis sesuai dengan prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilihan sebagai mana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomer 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum,” jelas Bupati Tamba.

” Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa, dituntut untuk memahami tugas, wewenang dan kewajiban yang diatur dalam undang-undang. Anggota Panitia pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa memiliki tugas yang sangat penting dalam melakukan pengawasan di setiap tahapan pemilihan, mulai dari tahapan persiapan sampai dengan pengawasan terhadap Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Calon Perseorangan, Pemutakhiran Data dan Daftar Pemilih, Pelaksanaan Kampanye, Masa Tenang, Distribusi Logistik Pemilihan, Pemungutan dan Penghitungan Suara, Serta Pengawasan Rekapitulasi Suara di Tingkat Kecamatan,” katanya

Selain memahami tugas, wewenang dan kewajiban, Anggota Panwaslu Desa/Kelurahan, saya harapkan memiliki karakter dan jati diri sebagai pengawas pemilihan yang mampu menjaga Integritas dan berani serta mampu mempraktekkan Kode Etik dan pedoman perilaku Marwah Badan Pewangawas Pemilihan Umum.

Bupati berpesan, laksanakanlah tugas-tugas saudara dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab, dengan selalu berpegangan teguh kepada integritas yang telah saudara ikrarkan, karena hanya dengan kejujuran dan integritas kita akan bisa melaksanakan 11 Prinsip Penyelenggara Pemilu, yaitu mandiri, Jujur, Adil, Berkepastian Hukum, Tertib, Terbuka, Proporsional, Profesional, Akuntabel, Efektif dan Efisien.

” Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini, sebagai akhir kata saya ucapkan “Selamat Menjalankan Tugas Bagi Semua Anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa” Pemihan Umum Tahun 2024. semoga Tuhan Yang Maha Esa/ Ida Sang Hyang Widhi Wasa selalu memberkati tugas mulia kita ini, demi terwujudnya Masyarakat Jembrana yang Bahagia Berlandaskan Tri Hita Karana,” pungkasnya.

“Hari ini saya mewakili Bapak Kapolres Jembrana menghadiri kegiatan pelantikan pengambilan sumpah janji jabatan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa Se-Kabupaten Jembrana,yang mana tadi pengawas pemilihan umum tahun 2024 kelurahan/Desa Se-Kabupaten Jembrana telah dilantik dan diambil sumpah, Janji jabatan sebagai panitia pengawas pemilihan umum kelurahan/Desa Se-Kabupaten Jembrana,” ucap Waka Polres Jembrana Kompol Losa Lusiano Araujo, S.I.K. disela-sela kegiatannya.

(Red.Sw.)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts