Rakor Penyusunan Seruan Bersama Nyepi Tahun Caka 1945 dan Awal Bulan Suci Ramadhan tahun 1444 H

0 0
Read Time:5 Minute, 30 Second

Jembrana, tbinterpol.com | – Bertempat di Sekertariat Bersama FKUB Kabupaten Jembrana (Kantor Kementerian Agama Kab. Jembrana) Selasa (7/3/2023) pukul 10.00 Wita, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Penyusunan Seruan bersama Nyepi Tahun Caka 1945 dan Awal Bulan Suci Ramadhan 1444 H.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut diantaranya Bupati Jembrana diwakili oleh Kaban Kesbangpol Kab. Jembrana Ketut Eko Susilo Artha Permana, S.E., M.Si., Dandim 1617/Jembrana atau yang mewakili, Jendral Manager ASDP Ketapang Gilimanuk atau yang mewakili, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jembrana, Majelis Madya Desa Pakraman Kab. Jembrana, Ketua PHDI Kab. Jembrana, Ketua MUI Kab. Jembrana, Ketua MPUK Kab. Jembrana, Ketua Paroki Kab. Jembrana, UBI Kab. Jembrana, Ketua Matakin Kab. Jembrana, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Jembrana, Kabag Ops Polres Jembrana, Kasat Intelkam Polres Jembrana, Kabag Kesra Setda Jembrana, Camat se-Kabupaten Jembrana, Majelis Alit Desa Pakraman se-Kabupaten Jembrana, Ketua FKUB Kecamatan se-Kabupaten Jembrana, Ketua PHDI Kecamatan se-Kabupaten Jembrana, Ketua Pasikian Pecalang Kab. Jembrana, Ketua Ansor Kab. Jembrana, Ketua Banser Kab. Jembrana, Kepala seksi Urusan Agama Hindu Kemenag Jembrana, dan Kepala Seksi Urusan Agama Islam Kemenag Jembrana.

Dari Ketua FKUB Kab Jembrana I Komang Arsana, S.Pd. menyampaikan, di tahun-tahun yang lalu untuk melancarkan kegiatan hari suci nyepi dari kami melakukan kegiatan ini untuk menyusun seruan bersama jadi kami sampaikan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu dalam acara ini.

“Adapun acara yang akan kami laksanakan pada pertemuan kali ini yaitu yang pertama kita ingin menyelesaikan dulu kesepakatan seruan bersama ini, tetapi setelah ini mendapatkan kesepakatan bersama kita menjadi sebuah keputusan bersama,” ucapnya.

Lanjutnya, kita akan mendengarkan bagaimana stressing penegasan-penegasan yang akan disampaikan oleh pemuka agama dan juga yang akan mengapresi terutama seluruh rangkaian hari sehingga hari Nyepi yang akan dilakukan oleh umat Hindu pada tahun caka 1945 ini bisa berjalan dengan baik.

Ketua FKUB Komang Arsana juga menyampaikan bahwa pada hari ini juga kita menghadirkan teman-teman dari kecamatan yang nantinya juga akan meneruskan hasil kesepakatan bersama ini kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jembrana, karena bagaimanapun juga walaupun hari Suci Nyepi adalah hari raya agama Hindu tetapi ini memerlukan toleransi bersama karena menyangkut tentang pelaksanaan catur berata penyepian dan juga rangkaian kegiatan dari Melasti sampai pada Ngembak.

“Mari Kita mohon kepada para Ketua Majelis agama untuk menandatangani kesepakatan itu karena waktu sudah cukup mendesak karena seluruh rangkaian Nyepi sudah mulai dari tanggal 19 Maret 2023,” jelasnya.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih karena telah diselenggarakannya kegiatan ini untuk seruan bersama dalam rangka hari raya Nyepi dan tradisi pengarakan ogoh-ogoh pada rangkaian hari raya Nyepi agar di jaga dalam keamanan.

“Yang perlu kita bersama-sama menjaga untuk pelaksanaan Nyepi tadi sudah dibahas dan sudah betul-betul komprehensif semuanya sudah saling toleransi tentunya kita sama-sama menjaga nanti dalam pelaksanaan hari raya bulan suci Ramadan yang lain tentu sama-sama kita saling menjaga,” kata Kapolres.

“Kami dari Polres Jembrana siap untuk mengamankan rangkaian hari Raya Suci Nyepi dan juga nanti menjelang mudik lebaran Idul Fitri dan kegiatan-kegiatan lain mudah-mudahan ini kita tunjukkan toleransi yang ada di kabupaten Jembrana,” ucap perwira melati dua dipundak ini.

Seruan Forum Kerukunan Umat Beragama tentang Pelaksanaan Hari Suci Nyepi Tahun Caka 1945 dan Awal Bulan Suci Ramadhan Tahun 1444 H Kab. Jembrana Tahun 2023.

Berdasarkan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor: 422.3/15315/ PK/BKD Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional, Cuti Bersama dan Dispensasi Hari Raya Suci Hindu di Bali Tahun 2023, maka Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Jembrana mengadakan rapat bersama Pemerintah Kabupaten Jembrana, Polres Jembrana, Kodim 1617/Jembrana, MDA Kabupaten Jembrana, Kementerian Agama Kabupaten Jembrana, bersama Majelis-Majelis Agama Kabupaten dan instansi terkait, pada hari Selasa, 7 Maret 2023 bertempat di Sekretariat Bersama FKUB Kabupaten Jembrana, dengan pokok pembahasan tentang pelaksanaan hari Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1945 dan awal Bulan Suci Ramadhan Tahun 1444 H, yang jatuh pada hari Rabu 22 Maret 2023, menetapkan seruan bersama sebagai berikut :

1) Bagi Umat Hindu dalam melaksanakan rangkaian perayaan Hari Raya Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1945 meliputi : Melis/Melasti, Pengerupukan, Sipeng (Catur Bratha Penyepian) dan Ngembak Geni dengan khusuk dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

2) Bagi penyedia jasa transportasi (darat, laut, air, udara) tidak diperkenankan beroperasi selama pelaksanaan Hari Raya Suci Nyepi Rabu, 22 Maret 2023 dari pukul 06.00 Wita s/d Kamis 23 Maret 2023 pukul 06.00 Wita.

3) Lembaga Penyiaran Radio dan Televisi tidak diperkenankan untuk bersiaran selama pelaksanaan Hari Raya Suci Nyepi Rabu, 22 Maret 2023 dari pukul 06.00 Wita s/d Kamis 23 Maret 2023 pukul 06.00 Wita.

4) Provider penyedia jasa seluler dan IPTV agar mematikan data seluler (internet) dari hari Rabu, 22 Maret 2023, dari pukul 06.00 Wita s/d hari Kamis 23 Maret 2023 pukul 06.00 Wita.

5) Masyarakat tidak diperkenankan minum-minuman keras/mabuk-mabukan, menyalakan petasan/mercon, pengeras suara bunyi-bunyian dan mengoperasikan drone/ sejenisnya yang sifatnya mengganggu kesucian Hari Raya Suci Nyepi dan membahayakan ketertiban umum.

6) Hotel dan penyedia jasa hiburan lainnya yang ada di Kab. Jembrana tidak diperkenankan mempromosikan usahanya dengan branding Hari Raya Suci Nyepi.

7) Penggunaan lampu secukupnya dapat diberikan kepada keluarga yang mempunyai bayi dan orang sakit, tempat ibadah, usaha peternakan, dan perikanan dengan mendapatkan izin dari Kepala Desa/Lurah dan atau Bendesa Adat setempat.

8) Bagi umat Muslim yang akan melaksanakan Sholat Taraweh, Sholat Isya, pada tanggal 22 Maret 2023 dimohon melaksanakan di rumah masing-masing atau di tempat Ibadah (Masjid, Musholla) terdekat dengan berjalan kaki, tanpa menggunakan pengeras suara dan dimohon penggunaan pencahayaan/penerangan dibatasi.

9) Bagi Umat Muslim yang Melaksanakan sahur dan sholat subuh pada tanggal 23 Maret 2023, dini hari, dimohon dengan hormat dilaksanakan di rumah masing-masing atau di tempat Ibadah (Masjid, Musholla) terdekat dengan berjalan kaki, tanpa menggunakan pengeras suara dan dimohon penggunaan pencahayaan/penerangan dibatasi.

10) Bagi seluruh umat yang melaksanakan ibadah lain pada Hari Raya Suci Nyepi agar beribadah di rumah saja.

11) Prajuru Desa Adat, Pecalang, Gerakan Pemuda Ansor/Banser di masing-masing ranting dan Aparat Desa/Kelurahan (Sipandu Beradat) bertanggung jawab mengamankan rangkaian Hari Raya Suci Nyepi dan Awal Bulan Suci Ramadhan Tahun 1444 H di wilayahnya masing-masing berkoordinasi dengan Aparat keamanan terkait.

12) Seluruh umat wajib menjaga dan menghormati kesucian Hari Raya Suci Nyepi dan awal Bulan Suci Ramadhan.

13) Majelis-majelis Agama dan Keagamaan serta instansi terkait agar mensosialisasikan seruan ini kepada seluruh umat beragama di Kab. Jembrana sebagai upaya untuk meningkatkan toleransi beragama.

Isk
(Hms Jbr)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Related posts